5 Penyebab Kegagalan Seseorang dalam Berbisnis

Penyebab-Kegagalan-Seseorang-dalam-Berbisnis

Kebanyakan dari kita pasti ingin memiliki usaha sendiri yang bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Akan selalu ada tantangan saat kita ingin membangun sebuah usaha, dan tantang ini sering membuat kita menyerah di tengah jalan. Dengan perencanaan yang baik serta eksekusi rencana yang maksimal tentu saja tantangan tersebut bisa dilewati.

Sebelum kita membangun sebuah usaha, sebaiknya belajar dari pengalaman orang lain dan mewaspadai potensi kegagalan dan kesalahan yang pernah dilakukan pebisnis yang lain saat merintis bisnis. Memang pada saatnya nanti seseorang bisa saja melakukan kesalahan saat menjalankan bisnis, namun dengan memiliki pengetahuan yang cukup dan rencana yang matang, tentunya perjalanan bisnis akan berlangsung lebih terarah.

Berikut ini adalah 5 penyebab kegagalan seseorang dalam berbisnis, jangan sampai kita melakukannya juga.

1. Berbisnis Hanya Ikut-ikutan Trend Pasar

Cukup banyak pemula yang merintis usaha mereka hanya karena ingin mengikuti trend yang ada di pasaran. Hanya karena melihat seseorang sukses di salah satu bisnis, lalu menjalankan bisnis yang sama. Ini bukan langkah yang baik jika kita ingin membangun sebuah bisnis yang bisa bertahan jangka panjang.

Kebanyakan mereka yang memulai bisnis tertentu hanya karena ikut-ikutan tidak akan bertahan lama. Penyebabnya adalah karena kebanyakan yang hanya ikut-ikutan trend tersebut tidak mengerti tentang bisnis yang dijalankannya dan tidak memiliki passion di bisnis tersebut.

Artikel lain: 4 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

2. Tidak Punya Visi dan Misi yang Jelas

Setiap kali seseorang ingin merintis sebuah usaha, sudah sepatutnya orang tersebut memiliki visi tentang bisnisnya. Jika kita tidak memiliki visi yang jelas, maka dapat dipastikan bahwa bisnis yang akan kita jalankan tidak akan berjalan dengan maksimal karena kita tidak yakin akan tujuan yang ingin dicapai. Tetap memaksakan diri memulai bisnis yang tanpa visi akan membuat kita kehabisan energi, waktu, dan sumber daya Anda.

Memahami tujuan atau goal bisnis Anda adalah langkah yang sangat penting ketika ingin merintis sebuah usaha. Apa yang ingin kita capai dalam jangka pendek, dan apa yang harus dicapai dalam jangka panjang, dengan begitu kita bisa mengetahui langkah-langkah yang akan diperlukan untuk mencapai goal tersebut. Boleh dikatakan tanpa adanya visi dan misi yang jelas, maka bisa dipastikan sebuah usaha akan jalan di tempat atau bahkan gulung tikar.

3. Kurangnya Ketekunan Dalam Mengelola Usaha

Di dunia ini tidak ada satupun bisnis yang bisa berjalan dengan sukses tanpa adanya kerja keras dan ketekunan. Seorang pengusaha tidak cukup hanya menciptakan ide bisnis, tapi juga harus memiliki ketekunan dalam menjalankan ide bisnis tersebut agar berkembang ke arah yang lebih baik.

Sebagai seorang pemilik usaha, tentunya Anda harus menunjukkan ketekunan ini kepada pekerja yang Anda rekrut dan bergabung dalam bisnis Anda. Upaya untuk meningkatkan ide bisnis tersebut tentu membutuhkan perhatian dari semua pihak. Ketekunan dan kerjasama antara Anda dan tim tentu akan sangat berpengaruh dalam mengelola usaha yang dijalankan. Kerjasama yang solid dan ketekunan dalam menjalankan sebuah usaha akan dapat menghadapi setiap tantangan dan persaingan dalam bisnis.

4. Individualistis dan Tidak Mau Berbagi dengan Orang Lain

Banyak pemula dalam dunia bisnis terlalu cepat berpuas diri, dan tidak ingin berbagi cerita tentang keberhasilannya kepada orang lain, alasannya mungkin karena tidak ingin mendapat persaingan. Namun, justru sifat individualis, cepat puas, dan tidak mau berbagi ini bisa menjadi penghambat seseorang untuk berkembang.

Mereka yang memiliki sifat seperti ini biasanya sulit diajak berbagi tentang informasi bisnis, tentu ini juga akan membuat pengalaman mereka tidak berkembang. Selain itu, mereka yang punya sifat individualis cenderung kehilangan kesempatan untuk berkerjasama dengan pengusaha lainnya sehingga bisnisnya tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan atau bisa jadi stagnan.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Yang Menguntungkan di Bulan Ramadhan

5. Tidak Punya Persiapan Menghadapi Permintaan yang Melonjak

Ada saat-saat tertentu dimana kita mendapatkan lonjakan permintaan dari konsumen. Banyak pemula dalam bisnis tidak siap dan tidak bisa mengantisipasi permintaan konsumen yang tiba-tiba melonjak, sehingga mereka berpotensi kehilangan konsumen.

Sumber daya manusia yang baik sangat diperlukan saat kita mendapatkan permintaan yang besar dari konsumen, mereka membutuhkan pelayanan yang baik agar tetap berada di bisnis Anda. Tentunya kita ingin agar usaha yang dirintis terus berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar, seiring dengan itu Anda harus mempersiapkan strategi dalam pelayanan konsumen dan membangun sumber daya manusia yang berkualitas di lingkungan bisnis Anda.

Anda sedang membaca Artikel tentang » 5 Penyebab Kegagalan Seseorang dalam Berbisnis
Untuk mendapatkan harga murah grosir langsung dari pabrik silahkan hubungi kami segera di 085772215758.

Atau datang langsung ke alamat kami di
PERUM REWWIN (REAL ESTATE WISMA WARU INDAH) Jl. Merak Raya no 59 Waru Sidoarjo SURABAYA Jawa Timur
Gabung dengan komunitas bisnis baju murah di Instagram kami, untuk mendapatkan informasi update promo produk bisnis.
facebook delta grosir

Produk Bisnis Kami Lainnya

Grosir Gamis Katun Jepang Murah surabaya Grosir Kerudung Jilbab Murah surabaya Bisnis Baju Anak murah surabaya
Grosir Daster Jumbo Murah surabaya Grosir Mukena Katun Jepang Murah surabaya Grosir Kaos Distro Murah surabaya
Grosir baju muslim murah surabaya Grosir Mukena Bali Lukis Katun Murah surabaya Bisnis Baju Anak murah surabaya